2021, Polri Tangani 69 Mafia Tanah dan 61 Tersangka

Bangkitkomunika.id, Jakarta – Bangkitkomunikas, Polri tak henti memberantas mafia tanah. Sepanjang tahun 2021 ini Satgas Mafia Tanah Polri tercatat menangani tak kurang dari 69 perkara berikut 61 tersangka.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol. Dr Dedi Prasetyo di Jakarta, Jumat (19/11/21) mengungkapkan, jumlah tersebut tercatat hingga bulan Oktober 2021.

“Sudah ada 69 perkara mafia tanah yang ditangani,” kata mantan Kapolda Kalteng ini kepada wartawan.

Dia merinci, dari lima diantaranya masih proses penyelidikan, 34 dalam tahap penyidikan. Lalu, sedangkan 14 kasus sudah dilimpahkan tahap I.

Baca Juga : Jenderal Sigit: Peran Polwan Luar Biasa! Dalam Perubahan Kultur Polri

Baca Juga : Akhirnya, Labuhan Bajo Tuan Rumah Koferensi Polwan Internasional



Kemudian, lanjutnya, 15 perkara mafia tanah sudah dilakukan pelimpahan tahap II. Tanpa penjelasan rinci ia menambahkan, satu kasus dihentikan penyelidikannya dengan pendekatan Restorative Justice (RJ)

Dari kasus-kasus mafia tanah yang ditangani, Polri telah menetapkan 61 orang sebagai tersangka.

Dari 61 tersangka itu, tujuh di antaranya sudah ditahan. Lalu, 23 orang belum ditahan. Dua orang lagi masih buron atau masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sementara itu, 29 tersangka lainnya sudah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk tidak ragu mengusut tuntas dan menindak tegas para pelaku kejahatan mafia tanah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *